Melesat, Prodi PGMI Gelar Simposium Ilmiah Lintas Perguruan Tinggi

By Admin STAINH 20 Agu 2020, 19:00:19 WIB Berita

Berita Terkait

Berita Populer

Melesat, Prodi PGMI Gelar Simposium Ilmiah Lintas Perguruan Tinggi

Situbondo . Kegiatan Simposium Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan tema Pendidikan Daring, Bisakah Membangun Karakter? Merupakan kegiatan yang diadakan oleh Prodi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda Kapongan Situbondo di Aula STAINH. (12/08/2020).


Akibat pandemi, kegiatan belajar mengajar (KBM) anjuran pemerintah pun harus dijalankan dengan menggunakan system belajar jarak jauh melalui jaringan Internet atau daring Online. Pada kesempatan acara ini dibawakan oleh beberapa pembicara yaitu Dr Fazlurrahman H., M.Pd.I sebagai pemantik (ketua FORMI Jawa Timur) kemudian sebagai narasumber diisi oleh semua dosen PGMI di antaranya yaitu Mohammad Nur Hidayatullah sebagai kaprodi PGMI, dengan tema pendidikan di era Covid 19, Agung Wijaksono M,Pd dan Imam Baihaki M.Pd.I pempunyai bagian, strategi dan teknik pembelajaran di era pandemic, sementara Faisal Faliyandra M,Pd dan Zainal Arifin M.Pd.I selaku dosen dan peneliti menyampaikan tema Penelitian di era Pandemi covid-19. Acara ini juga di hadiri oleh sekitar 100 orang mahasiswa dari seluruh jurusan.
Tujuan diadakannya Simposium ini adalah membuka wawasan tentang bagaimana membangun karakter siswa dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) khususnya, menginspirasi mahasiswa dengan berbagai strategi yang dapat di terapkan diberbagai sekolah.
Menurut Dr. Fazlurrahman M.Pd.I menyampaikan pembelajaran di masa pendemi ini ada dua cara PJJ/BDR, pertama pembelajaran daring: guru melakukan aktivitas belajar mengajar melalui beragam media belajar daring, untuk pendampingan belajar. Yang kedua guru kunjung: guru kunjung dari rumah kerumah untuk pendampingan belajar, sehingga guru harus menyesuaikan kondisi, ketersediaan dan kesepakatan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, disamping itu juga beliau menyampaikan dalam membangun karakter melalui PJJ/BDR harus memanfaatkan media itu untuk  menanamkan agama, nilai moral dan membaca do`a. 
Sedangkan menurut Agung wijaksono M.Pd nilai karakter yang dapat diciptakan saat pembelajaran online adalah nilai kemandirian, gorong royong, dan kreativitas, berinovasi, dalam menggunakan teknologi, serta menyadari bahwa teknologi mempunyai peran penting dalam mendukung pembelajaran di masa pandemi ini. 
Pada sesi selanjutnya, Faisal Faliyandra, ketua LP2M memberi penjelasan terkait dengan bagaimana penelitian dimasa pandemi, beliau menjelaskan secara komprehensif mengenai tatacara penulisan jurnal dengan baik dan benar, sehingga diharapkan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah baik itu tesis atau jurnal bisa di pertanggung jawabkan. 
Bagian terakhir Bapak Mohammad Nur Hidayatullah M.Pd.I menyampaikan kegiatan ini Alhamdulillah sukses karena  telah di dukungan oleh semua pihak, baik dari civitas dan lebih lebih ketua STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo yang telah menfasilitasi kegiatan luar biasa ini. Harapannya kegiatan ini terus di kembangkan dan di adakan paling tidak dua kali dalam satu semester. (Imam)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment